Narkotika dan hukum mengkonsumsinya!

BISMILLAHIR RAHMAANIR RAHIIM

narkoba.jpg

Segala puji hanya milik Allah, Tuhan seluruh alam. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan ke haribaan Nabi dan Rasul terakhir, segenap keluarga dan para sahabatnya. Amma ba’du ..

Sungguh agama Islam amat memperhatikan dan melindungi manusa, termasuk tujuan pokoknya ialah: Memelihara agama, jiwa, martabat, akal dan harta. Setiap faktor yang menafikan salah satu dari kelima hal tersebut adalah diharamkan. Sebab termaktub dalam sebuah kaidah syar’iyah “Laa dharara wala dhirara.” tak boleh membahayakan diri sendiri dan apalagi orang lain.”
Sungguh para musuh Islam telah berusaha dari dulu hingga sekarang memerangi, memfitnah orang-orang muslim dah mengeluarkan mereka dari agamanya dengan berbagai cara dan metode. Allah berfirman yang artinya:

“Mereka tidak henti-hentinya memerangi kalian sampai dapat mengembalikan kalian dari agama kalian (kepada kekafiran)
seandainya mereka mampu” (al-Baqarah 217).

Mereka melakukan hal ini, karena mereka tahu bahwa kekuatan kaum muslim terletak pada berpegang teguh dengan ajaran agama. Sedangkan kelemahan umat Islam adalah pada hal yang sebalik nya. Maka untuk melumpuh kan umat Islam mereka menggunakan cara-cara terburuk dan terkeji, baik dalam bidang militer, politik, perdagangan, kebudayaan, sosial, seni dan psikologi.Mereka berpendapat, bahwa jalan pintas untuk mengancurkan umat Islam adalah dengan cara melumpuhkan generasi mudanya, terutama dengan senjata mereka yaitu: Wanita dan Narkotika.

Dari kedua senjata tersebut yang paling berhaya adalah Narkotika. Karena teralamatkan langsung kepada jantung umat, benteng dan harapan mereka. Kepada para pemuda yang akan mengemban tugas umat di masa mendatang, tempat harapan dan yang berani mengorbankan nyawa demi kemuliaan mereka. Musuh amat tahu, jika generasi mudanya lumpuh maka runtuhlah suatu bangsa dan menjadi bahan santapan empuk.

Sungguh amat ironis, banyak pemuda yang telah terjerumus dalam racun narkotika. Mereka lebih menuruti hawa nafsu dan sahwat. Jadilah mereka permainan musuh seperti buah bidak yang di gerakkan pemainnya. Ini merupakan sinyal bahaya dan bencana yang paling besar yang harus di tangani dengan serius dan secepatnya dengan melenyapkan racun ini dari pangkal dasarnya.

NARKOTIKA DAN MACAM-MACAMNYA

Narkotika ialah bahan nabati dan kimiawi yang dapat mempengaruhi akal dan badan pengkonsumsinya. Menyebabkan badannya meriang dan pemalas, lenyap kegigihannya, tertutup akalnya, dan menjadikannya sebagai pecandu dan tak dapat meleparkan diri darinya. Jika dia sebentar saja tidak mengkonsumsinya maka rusaklah karakternya, kondisi dan perangainya berubah menjadi amat buruk.

Narkotika dan jenis-jenisnya. Narkotika terbagi menjadi tiga:
1.Natural, Yaitu yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan dan digunakan langsung tanpa proses lain. Seperti; Opium, ganja, al-qat, dan marijuana.
2.Campuran, Yaitu terdiri dari campuran bahan tumbuh-tumbuhan dan kimia. Seperti morfin, heroin, dan kokain.
3.Kimiawi, Yaitu obat racikan terbuat dari bahan kimia yang memiliki pengaruh seperti bahan narkotika natural dan campuran. Bahkan pengaruhnya terhadap badan jauh lebih besar daripada keduanya. Seperti imvitamin, captagon, obat bius LSD, tenner dan mikalin. Obat bius LSD ialah paling berbahaya terhadap akal. Karena untuk fly, hanya cukup dengan mengkonsumsi 0.10 mg.

Musik merupakan kunci utama dalam penggunaan narkotika. Karena manyoritas bintang musikus barat adalah pecandu barang laknat ini.mereka mengkonsumsinya secara terang-trangan, baik dalam panggung show atau diluarnya. Demikianlah pula manyoritas lagu-lagu barat adalah tertopang dengan barang celaka ini. Salah seorang barang berkomentar; “Saya yakin bahwa musik rock adalah bagian terpenting dalam budaya ngedrug dan manyoritas impian para pecandunya adalah ingin menjadi musikus tenar demi merengguk popularitas.

BAHAYA NARKOTIKA

Pertama dalam bidang agama:
1.mengkonsumsi narkotika menghalangi zikir kepada Allah, shalat dan amal-amal ketaatan lainnya.
2.Mewariskan segala norma dan etika rendah serta tercela.
3.Meruska anggota badan yang dapat digunakan untuk mendulang kebaikan-kebaikan.
4.Menjadikan konsumennya sebgai budak dan tawanan hawa nafsu
5.Mendatangkan su’ul khatimah dan mati dalam kemaksiatan
6.Menggiring kepada kriminalitas dan kejahatan yang lebih jahat lagi seperti pembunuhan, zina, homoseksual, lesbian, dan lain-lainnya.
7.Menjadikan para konsumennya saling tolong menolong dalam dosa dan permushan serta berandil dalam perlanggaran.
8.Memasukkan konsumennya sebagai orang yang memubazirkan harta yang merupakan tindakan setan.
9.Membuang-buang waktu dan menyia-nyiakan tanpa guna bahkan dalam hal yang membahayakan.
10.Orang yang mengkonsumsi termasuk orang yang membunuh dirinya sendiri.

Kedua dalam bidang kesehatan:
1.Kecanduan narkotika akan menyebabkan goncangan jiwa sampai kepada tingkat gila.
2.Menyebabkan kematian mendadak karena hati berhenti mendadak sebab lumpuhnya otot-otot hati. Demikian pulang menyebabkan bertambah kencangnya detak jantung.
3.Narkotika dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan kering, mata sembab dan bertambah merah.
4.Karena narkotika mengandung bahan kimia, maka akan menyebabkan aneka kangker dan keracunan. Juga tak jarang aakan menyebabkan seluruh darah pecandunya keracunan.
5.Menyebabkan limpa tak berfungsi dengan sempurna, peredaran darah tak lancar, memuncaknya tekanan darah serta merasa banyak lupa dan selalu ingin muntah.
6.Merusak fungsi pencernaan dan penyedotan bahkan mendatangkan kangker perut dan borok lambung.
7.Menyebabkan penyakit AIDS yaitu dengan jalan injeksi yang telah tertular penyakit dari pecandu lain yang berkelakuan abnormal dan menyimpang.
8.Menyebabkan kurus dan lemah badan, muka kuning atau hitam, kulit dan rambut menjadi kering serta gigi menjadi tanggal.
9.Menyebabkan berkurangnya kecermatan otak dan alat vital tak dapat berfungsi dengan semestinya.
10.Jika sang pecandu tak mendapati bahan narkotika, karena suatu hal, makan akan menderita sakit yang luar biasa. Tidak jarang sampai menggores tangan nya dengan benda tajam, bahkan sampai bunuh diri demi mengelak dari siksaan ini.

Tragedi kisah seorang pemuda
Seorang pemuda bercerita: “Saya mulai mengkonsumsi narkotika saat usia menginjak dewasa. Pada watu itu pekerjaan ku ada sopir trailler. Saya mulai menggunakan obat anti tidur, supaya melek malam dan tidur siang. Kondisi seperti ini, kujalani selama tiga tahun, sehingga obat tersebut menjadi bagian hidupku. Setelah aku berdagang, aku mulai minum khamar sampai menghantarkan ku kedalam sel tahanan. Setelah keluar dari penjara, lalu aku menggunakan heroin sampai aku menjadi budaknya. Aku tak dapat tidur tanpa mengkonsumsinya. Kesehatan dan keuanganku memburuk dengan deastis, yang mengharuskanku meninggalkan anak dan keluargaku. Ini semua adalah sebab narkotika yang tiada lain akibatnya kecuali kerugian dan kehancuran.”

Ketiga dalam bidang ekonimi:
1.Kecanduan narkotika penyebab penghamburan harta. Padahal Allah menyuruh agar kita pelihara harta kita dan memanfaatkannya dengan baik.
2.Menyebabkan tunakarya, sebab pecandu narkotika tak mampu menjalankan aktivitas dan tugasnya dengan baik.
3.Melemahkan SDM suatu negara.
4.Memperkuat musuh umat dan membantunya dalampelaksaan program-program busuk mereka.
5.Menyebabkan kerugian besar bagi negara dalam menanggulanginya. Hal ini merupakan beban ekonomi baru yang harus di tanggung pemerintah.
6.Menyebabkan terkumpulnya kekayaan segelintir orang yang berdagang obat laknat ini. Bahkan tak jarang mereka pergunakan untuk memukul perekonomian suatu negara.

Keempat dalam bidan sosial kemasyarakantan:
1.Narkotika menyebabkan banyak terjadinya perceraian dan hancur nya mahligai rumah tangga.
2.Menyebabkan timbulnya berbagai perselisihan dan hilangnya keharmonisan antara anggota keluarga dan tak jarang anak-anak menjadi korbannya.
3.Pecandu narkotika tidak akan mampu melaksanakan tugas-tugas rumah tangganya. Oleh karena itu tak jarang seseorang mecampakkan keluarganya demi membeli racun jahat ini.
4.Menyebabkan terjadinya berbagi macam bentuk tindak kriminalitas kelas berat. Seperti pembunuhan, zina, pencurian, perampokan, mencopet, dan lain-lainnya agar mampu mendapatkan duit untuk membeli bahan bejat ini.
5.Menyebabkan hilangnya kepercayaan antara suami isteri dan bahkan antara konsumer dengan koleganya. Sebab pecandu barang ini akan semakin jauh daya hayalnya, sehingga ia merasa telah melakukan sesuatu padahal ia tidak melakukannya.
6.Pemakai narkotika akan lemah daya ingatnya. Jika pemakainya adalah mahasiswa/mahasiswi makan akan melenyapkan prestasi belajarnya
7.Penyebab kecelakaan lalulintas.
8.Dan lain lainnya.

HUKUM MENGKONSUMSI NARKOTIKA

Syariat islam mengharamkan mengkonsumsi narkotika dan memakainya dengan segala macam dan caranya. Karena narkotika itu dapat menghilangkan lima hal yang dilindungi agama yaitu ; din (agam), jiwa, akal, harta, dan harga diri. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan haramnya barang jahat ini adalah :
Pertama:
Firman Alla yang artinya ;1. “dan telah menghalalkan bagi mereka hal-hal yang baik dan mengharamkan segala hal
yang buruk.” (al-a’raf 157). Setiap orang yang berakal sehat pasti mengatakan bahwa
narkotika ada termasuk barang “buruk”.

2.”Janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang
terhadap kalian.” (an-Nisa’ 29). Menurut penelitian medis, narkotika dapat menyebabkan
kematian mendadak sebab lumpuhnya hati.
Kedua:
Hadist Ummu Salamah ,ia berkata: “Rasulullah SAW melarang mengkonsumsi setiap hal yang memabukkan dan
menyebabkan orang lemah dan malas” (HR.Ahmad dan abu Daud). Padahal setiap narkotika
dan seluruh jenis nya mabuk melayang dan malas.

Pendapat Ulama:
a.Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menuturkan bahwa ganja dan sejenisnya adalah haram baik memabukkan atau tidak.
Beliau menambahkan, bahkan lebih haram dari khamer, karena kadar bahayanya jauh lebih berat daripada khamer.

b.Mufti mesir Syeikh jaadul haq Ali jaadul haq menuturkan, Para ulama mazham telah sepakat, bahwa haram hukumnya narkotika dan jenis-jenisnya dalam menghasilkan, menanam, berdagang, dan mengkonsumsinya. Baik itu alami atau ciptaan dan orang yang melakukan hal-hal tersebut termasuk bertndak kriminal.

Alangkah ruginya kalo kita umat islam sanggup di lumpuhkan dengan benda-benda yang sangat hina ini. Benda yang sudah kita ketahui baik buruk nya benda yang telah kita ketahui hukum nya. Mudah-mudahan Allah memelihara muslimin dari malapetaka yang menghancurkan ini. Amiin ….

2 Responses to Narkotika dan hukum mengkonsumsinya!

  1. Indi Kamilia says:

    narkoba tidak boleh dikomdumdi

  2. […] bungong.wordpress.com/2008/02/29/hello-world/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: