HARI AKHIR

Allah berfirman di dalam Al-Quran tentang hari Akhirat yang artinya ;

“Itulah hari yang pasti terjadi, maka barangsiapa yang menghendaki, niscaya ia akan menempuh jalan kembali kepada Tuhan” .( An-Naba : 39 ) .

Hari akhir adalah sebuah tahapan yang menakutkan dalam kehidupan manusia, dan itu dimulai dari dibangkitkannya seorang mausia setelah wafat, sampai dimasukkannya seseorang kedalam syurga ato neraka. Hari akhir merupakan tanda berakhirnya hari-hari didunia, dan awal dimulainya hari yang tidak berbatas akhir dari kehidupan itu sendiri, oleh karena itu dinamakan hari akhir, yaitu sebuah hari yang tidak ada hari setelahnya, melainkan seorang manusia akan kekal tinggal di syurga ( orang yang sholeh), dan akan kekal di neraka (orang yang kafir).

Haru akhir disebut juga sebagai hari Qiyamat yang mana para manusia pada hari itu di bangkitkan untuk dihisab dan di balas atas setiap amal perbuatannya di dunia. sebegitu pentingnya pembahsan tentang keadaan hari Qiyamat yang menakutkan, akan tetapi disisi lain pembahasan ini menjadi asing dan jarang pada kebanyakan manusia yang disibukkan kehidupannya dengan perkara-perkara yang tidak bermanfa’at dan sia-sia. Mereka lupa bahwasanya kehidupan ini tidak lain adalah merupakan tahapan pertama mereka sebelum datangnya kematian, dan setelah kematian itu ada kehidupan kubur. Dan sesungguhnya setelah kehidupan kubur, akan datang sebuah keadaan yang menakutkan dan tidak akan selamat seseorang dari keadaan keadaa itu kecuali mereka orang-orang yang beriman Kepada Allah dengan sebenar-benarnya IMAN.

Akhiifillah, disini saya akan memaparkan kepada anda gambaran ringkas tentang hari akhir, semoga paparan ini bisa membangkitkan kelalaian kita semua untuk bersiap-siap menyonsong kedatangan hari yang meakutkan ini dengan ama-amal yang sholeh. Dan kita bekali diri kita di dunia dengan ama-amal yang akan bermanfa’at bagi kita di waktu yang mengerikan itu yaitu hari Qiyamat, dan saya paparkan juga disini perngaruh keimanan kepada hari akhir supaya kita dapatkan dalam diri kita keimanan ini atau tidak?. Apabila kita dapatkan, maka kita ucapkan Alhamdulillah. Dan apabila belum, maka kita berusaha untuk memulai diri kita agar kita selamat di hari akhirat.

Pengaruh-Pengaruh Keimanan Kepada Hari Akhir.

Keimanan kepada hari akhir mempunyai banyak pengaruh di dalam kehidupan seorang muslim. Perkara-perkara ini banyak tidak diketahui kecuali orang-orang yang mau berusaha untuk mengetahuinya, diantara pengaruh tersebut adalah :

1.Kehidupan yang mulia ; Barang siapa diantara kita yang yakin dengan keberadaan hari akhir, maka dia tidak ragu-ragu lagi dalam berbuat keta’atan Kepada Allah, dan menjauhi segala perbuatan maksiat dan kotor. Dengan demikian dia akan hidup dengan kehidupan mulia dan bahagia.

2.Tidak terburu-buru dalam perbuatan dan perkataan ; tidak diragukan lagi bahwa seseorang yang beriman dan percaya akan adanya hari akhir dan mengetahui dianya akan dihisab atas segala perbuatan nya didunia, maka ia akan bersikap tidak terburu-buru dalam berbuat dan berkata-kata, dan dia tidak berbuat dan berkata-kata kecuali pada hal-hal yang baik.

3.Memperbanyak amal Sholeh ; Sesungguhnya orang yang mengetahui apa yang akan terjadi di hari akhir kelak, dan dia mengetahuin bahwa tidak ada yang akan menyelamatkannya kecual amal sholeh yang dia lakukan didunia, maka dia akan bersegera melakukan amal-amal sholeh dengan segala macam dan bentuknya, dari mulai Sholat, Shadaqah, puasa, Amar ma’ruf Nahi mungkar dan bermuamalah baik dengan manusia.

4.Lebih mementingkan akhirat dari pada dunia ; Tidak diragukan lagi seorang muslim yang mengetahui apa yang telah Allah persiapkan bagi orang-orang yang beriman Kepada-NYA berupa kenikmatan yang kekal sifatnya, dan apa yang telah Allah SWT persiapkan bagi orang yang kafir berupa azab yang kekal, maka dia akan menganggap hina kehidupan dunia ini, dan meyakini bahsa kehidupan dunia ini hanyalah sementara sifatnya. Dia berusaha untuk zuhud dalam kehidupan ini, tidak bersedih dan berduka cita dalam kehidupan yang sementara ini dan selalu berusaha untuk menang dalam kehidupan akhirat kelak. Karena Allah lah yang paling berhak untuk kita tujukan amalan kita, dan kita lelah dan bersusah payah hanya Karena-NYA.

Allah berfirman dalam Al-Quran yang Artinya ;

1.”Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Al-Imran : 185)

2.”Dan semuanya itu tidak lain hanyalahkesenangan kehidupan dunia, dan kehidupan akhirat itu disini Tuhanmu adalah bagi orang-orang yang bertaqwa.” (Az-Zukhruf :35)

Dan dalam ayat lain Allah Berfirman ;

” … mereka akan kami kumpulkan di hari Qiyamat yang tidak ada keraguan akan keberadaannya (hari Qiyamat).dan akan di berikan kepada tiap-tiap mereka balasan atas apa yang di usahakannya sedangkan mereka tidak dianianya (diadili seadil-adilnya).” (Al-imran :25)

Semoga kita tidak termasuk salah satu orang yang akan menghuni neraka melainkan Syurga yang akan diberikan Allah dan apa yang telah Di janjikan-NYA bagi mereka yang beriman dan beramal Sholeh. Amiinnn …. BittaufiQ Insya Allah !

Continue ..

One Response to HARI AKHIR

  1. […] nya saya pernah menulis tentang Hari Akhir (March 1, 2008), yang tentunya anda juga telah mengerti dan percaya bahwa hari akhir itu akan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: