Sanksi berat akibat maksiat

Bismillahirrahmanirrahiim

Berikut point-point sanksi akibat kemaksiatan yang kita lakukang di dunia ini. Ibnul Qayyum telah menulis dalam kitabnya (tidak saya sebutkan) beberapa contoh sanksi yang diberikan Allah kepada mereka yang berbuat kemaksiatan didunia. Beliau berkata bahwa efek kemaksiatan itu sebagai berikut :

1.Tidak mendapatkan ILMU. Sebab ilmu itu adalah nur yang di berikan Allah kedalam hati manusia, sedangkan maksiat itu berfungsi mematikan nyala nur tersebut. Imam Malik pernah berkata kepada imam Syafi’i muridnya ; “Sungguh aku telah melihat Allah memberikan nur kehatimu, maka jangan engkau matikan dengan kemaksiatan”.

2.Kehilangan jatah rezeki. Nabi SAW bersabda: “Sungguh seseorang bisa tidak medapatkan rizkinya sebab dosa yang di lakukannya.” (GR.Ahmad dan Hakim dari tsauban)

3.Pelaku maksiat akan mengalami kegersangan jiwa terhadap Rabbnya. Dia akan kehilangan kelezatan ma’iyatillah, padahal hal ini tidak bisa dinilai dengan kenikmatan duniawi. jika semua kelezatan duniawi disebutkan tidak akan bisa mengobati jiwa seseorang.

4.Dia juga akan merasa benci dengan sesama, terutamanya dengan orang yang melakukan kebaikan. Semakin kuat rasa kebenciannya semakin jauh pula dia dengan orang-orang yang baik.

5.Semua perkaranya menjadi semakin rumit/susah. Maka dari itu, ia akan selalu mendapati pintu tertutup dalam segala hal. Kebalikannya, orang yang menjauhi dosa akan selalu menemukan way out dari segala masalah yang dihadapinya. Allah berfirman yang artinya ;
“Siapa saja yang bertakwa kepada Allah, maka Allah menjadikan segala urusannya menjadi lebih mudah.” (QS: At-thalaq 4)

6.Orang yang melakukan kemaksiatan akan tertutup hati nya, ia merasakannya seakan-akan saat berjalan di malam kelam. Pertama kali akan tampak secara zahiriyah di matanya, lalu menjalar kemukanya dan ahirnya akan diketahui oleh semua orang akan kemaksiatan yang ia lakukan.

7.Kemaksiatan dapat melemahkan badan dan hati seseorang. Maka dari itu, ia tidak memiliki keteguhan hati dan juga akan terlihat loyo,lemah disaat-saat kegentingan yang memerlukan dirinya. Walaupun terlihat tegap badan dan ototnya.

8.Kehilangan ketaatan dan dan pahala. Karenadengan kemaksiatan yang dia lakukan akan menghalangi seseorang untuk melakukan berbagai ketaatan. Padala sebuah alam ketaatan itu jauh lebih baik daripada dunia seisinya.

9.Kemaksiatan akan menumbuhkan benih-benih dosa lain nya. Sebagian ulama berkmentar :
“Balasan amal buruk (maksiat) adalah amal buruk berikutnya. Dan sedangkan balasan dari amal baik (hasanat) adalah amalan baik selanjutnya.

10.Kemaksiatan mengurangi jatah umur dan menghilangkan keberkahannya. Karena amal kebajikan itu menambah umur seseorang, maka kemaksiatan dapat mengurangi usia. Rahasianya, usia seseorang adalah waktu hidup nya. Sedangkan hidup tidak berarti kecuali dengan berbakti (beribadah) kepada Penciptanya, merasa nikmat dengan mencintai dan mengingat-NYA serta lebih mendahulukan Ridha-NYA.

Demikian lah beberapa contoh balasan yang di Berikan Allah kepada siapa saja yang melakukan kemaksiatan didunia ini. Mereka akan di jauhkan dari nikmat dan rahmat-NYA, dan mereka akan kehilangan Ridha-NYA , akan di turun oleh Allah bala bencana kepada mereka agar mereka menyadari dan kembali kejalan-NYA dengan taubat.Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang melakukan kemaksiatan serta merugikan. Amiin..

2 Responses to Sanksi berat akibat maksiat

  1. Cabe Rawit says:

    Subhanallah…. patut direnungkan nasihatnya Ibnu Qoyyim al Jauziyah ini… Pada dasarnya, setiap perilaku maksiyat yang dilakukan oleh manusia adalah bentuk penganiayaan terhadap dirinya sendiri…😥

  2. Lentera says:

    indahnya tutur kata dan nasihat kawanku ini…menyejukkan hati…sebagai cerminan atas diri…thx ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: