Kematian (Al-Maut)

Akhifillah …

Sebelum nya saya pernah menulis tentang Hari Akhir (March 1, 2008), yang tentunya anda juga telah mengerti dan percaya bahwa hari akhir itu akan datang, hari itu adalah hari yang paling menakutkan bagi setiap manusia. Dan hari akhir itu mempunyai tahapan-tahapan yang sangat sulit bagi setiap manusia untuk menjalani nya, kecuali orang-orang yang Bertaqwa lah yang diberi derajat oleh Allah …

Berikut saya ingin menjelaskan sedikit tentang tahapan pertama yang akan kita lalui menuju kepada hari akhirat (Qiyamat), dengan harapan semoga kita dapat merenungi diri kita sendiri “apakah kita sudah siap untuk melalui tahapan-tahapan itu ?!.

Kematian (Al-maut)

Kematian adalah merupakan tahapan pertama yang membatas antara kehidupan dunia dan akhirat, dan ini perkara yang pasti akan terjadi kepada setiap jiwa yang bernyawa. Allah SWT telah mentapkan bahaw segala sesuatu yang hidup didunia ini pasti akan hilang dah binasa, karena di dalam kematian itu tampaklah kekuasaan Allah SWT dan itu sebagai petunjuk atas hari kebangkitan dan sekaligus sebagai bukti akan kebangkitan kita dan dihadaptkan Kepada Allah Tuhan semesta alam. Allah berfirman yang artinya ;

“Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan kematian. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari api Neraka dan dimasukkan kedalam Syurga, maka sesungguhnya ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”( Surat Ali-Imran ayat:185 )

Kematian berarti berpisahnya seseorang dengan keluarganya, anaknya, hartanya, kedudukannya, dan segala apa yang tampak dan ada di kehidupan dunia yang fana ini. Seorang mayyit akan berhadapan dengan malaikat ketika ia wafat. Dan apabila si mayit seorang yang beriman (mukmin), maka malaikat akan menyambut dan memberikan kepadanya kabar gembira, dan apabila dia seorang yang kafir maka malaikat akan memberikan nya kabar buruk (kita berlindung Kepada Allah dari segala keburukan ini). Apabila telah sampai ruh seseorang di kerongkongannya maka ditutuplah segala pintu taubat dan berakhirlah amalannya.Apabila dia baik maka akan baik, dan apabila dia jelek maka jelek pulalah penghabisannya.

Sabda Rasulullah SAW :

” Apabila mati seorang anak Adam, maka putuslah segala amalan nya kecuali 3 perkara : yaitu, Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat baginya, dan anak laki-laki yang sholeh yang akan selalau mendo’akanya.”

Dianjurkan bagi setiap orang mu’min untuk selalu mengingat mati karena yang demikian akan membantunya untuk selalu beramal sholeh.

Rasulullah SAW bersabda :

“Perbanyaklah kalian mengingat sesuatu yang akan menghancurkan segala kenikmatan, yaitu Kematian.”(HR.Tirmidzi).

Sesungguhnya kengerian kematian sangat besar sekali dan ini adalah kenyataan pedih yang akan dihadapi oleh setiap jiwa yang hidup, tidak ada seorangpun yang bisa menolaknya dan demi Allah itu adalah waktu yang sangat menakutkan. Barangsiap yang takut akan akibat yang akan terjadi setelah kematian, pasti dia akan selamat. Karena ketika hidup dia akan selalu ingat akan kematian yang akan menjemputnya, dan berusaha untuk beramal sholeh sebagai persiapan atas kematian itu, dan tidak seorang pun meragukan akan kedatangannya, kecuali mereka orang-orang yang akan rugi, menyesal ketika dekat waktu ajalnya dan datang maut menjemputnya. Kematian merupakan waktu yang sangat berat bagi manusia, kebanyakan diantara mereka berharap untuk tidak merasakan nya. Akan tetapi waktu itu “Pasti” akan terjadi!.

Allah berfirman ;

“Dan datanglah sakratul maut (kematian) dengan sebenar-benarnya, itulah yang kamu selalu lari daripadanya”. (Qaaf : 19).

“Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan di kembalikan Kepada Allah, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu dia beritakan kepadamu apa-apa yang telah kamu kerjakan semasa hidup.” (Al-jumu’ah : 8).

Akhifillah …!!

Tentunya kaliah bukanlah orang-0rang yang mau dirugikan oleh dunia yang tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Mari sama-sama kita memperbanyak Zikir dan amalan kita kepada Allah, Semoga kita mendapatkan kabar gembira dari para malaikat yang sedang menunggu akan datang nya waktu kita. Tak seorang pun akan ada yang menolong kita di alam kubur nanti kecuali amal sholeh yang kita kerjakan semasa kita hidup di dunia ini, bukan harta benda yang akan membantu kita, bukan mobil mewah yang akan membantu kita lari dari kengerian alam kubur, juga bukan rumah yang akan memberi kita kehangatan di dalam kubur, akan tetapi amalan kita selama didunialah yang akan membantu kita.

One Response to Kematian (Al-Maut)

  1. saykoseng says:

    syukron akhi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: