Agar Gembira Selalu

Kegembiraan itu perlu, untuk tetap menjaga semangat, antusias, dan gairah hidup. Namun dalam islam yang mulia ini tetap ada batasannya. Gembira bukan sembarang gembira. Kegembiraan yang tetap menjaga kemulian manusia dan juga kegembiraan yang tidak mengundang dosa dan murka Allah.

Dari sekian cara untuk tetap gembira, ada yang di perbolehkan juga ada yang di larang dalam agama. Contoh cara gembira yang di larang dalam Agama ialah dengan cara menonton hiburan yang tidak sesuai dengan syariah,seperti menonton video-video yang mengumbar aurat, laki-laki yang memakai pakaian perempuan atau sebalik nya, mendengar hal-hal yang berbau kebohongan, berisi ghibah, dan sebagainya.

Masih banyak cara bergembira yang lain yang diperbolehkan, dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Cara yang paling sering di lakukan oleh Rasulullah adalah bercanda dengan keluarga, dengan istri, anak, dengan cucu. Rasulullah kadang juga bercanda dengan para sahabat dengan canda yang baik dan tidak kelewatan batas.

Setelah bercanda dengan keluarga, cara lain ialah dengan memiliki hobi yang bermanfaat. Hobi ialah pekerjaan yang jika kita lakukan akan memberikan kegembiraan bagi kita. Hobi itu bisa olah raga (yang tidak mengumbar aurat), membaca, rihlah(bertamasya), dan masih banyak yang lainnya lagi. Sebagai contoh, Ibnu Taimiyah yang mendapatkan kegembiraan dalam mempelajari ilmu dan mengajarkan nya kepada yang belum tahu.

Senyum adalah sedekah, senyum membawa kegembiraan. Maka jika demikian kenapa kita tdak bergembira sambil sedekah? Berikan senyuman kepada keluargamu, saudaramu, kepada semua orang agar dunia ini terasa sejuk. Yang penting jangan senyum sendiri (nanti dikira orang gila) dan juga jangan tersenyum kepada yang bukan tempatnya.

Bersyukur!. Psikologi dari amerika pernah berkata, bahwa untuk menambah vitalitas hidup, kita harus banyak bersyukur. Sedangkan Allah sejak dari semula telah memerintahkan Ummat Islam untuk selalu bersyukur. Bersyukur akan mendatangkan kegembiraan karena mata kita lebih sadar akan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Mudah-mudahan kita selalu bergembira dalam rangka menjaga semangat, antusias kita, dan gairah hidup kita dengan cara yang tetap mendatang kan pahala bagi kita semua. Amiin …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: